Cari Blog Ini

Memuat...

SELAMAT DATANG

Di Blog BanyaXs D'gaNk.......
Blog'nya para PhaZgeL ZKL
Loading...
Loading...

Minggu, 24 April 2011

Kualifikasi Piala Dunia 2014 : Indonesia Bertemu Turkmenistan

Tim nasional (timnas) sepakbola Indonesia akan kembali menghadapi Turkmenistan, namun kali ini dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia. Beberapa waktu lalu timnas Indonesia sempat bertemu dengan Turkmenistan dalam ajang Pra Kualifikasi Olimpiade 2012, kala itu tim yang bertanding harus menurunkan pemain-pemain yang berusia di bawah 23 tahun. Dalam ajang Pra Kualifikasi Olimpiade 2012, Indonesia dua kali dikalahkan Turkmenistan, masing-masing 1-3 di Palembang dan 0-1 ketika berlaga di Turkmenistan.
Mengaca dari hasil timnas U-23 ketika menghadapi Turkmenistan, selisih peringkat Indonesia yang sedikit lebih baik daripada Turkmenistan tidak bisa menjadi acuan. Hasil yang diperoleh timnas U-23 pun juga tidak bisa menjadi patokan karena jelas yang bertanding nanti akan jauh berbeda sebab dalam kualifikasi Piala Dunia batas usia tidak diwajibkan.
Timnas senior Indonesia bisa jadi akan jauh berbeda pada bulan Juli nanti, kalau proses naturalisasi beberapa pemain selesai sebelum pertandingan pertama Indonesia melawan Turkmenistan, kemungkinan wajah-wajah pemain Indonesia akan didominasi oleh wajah-wajah ‘bule’. Sebut saja Jhon van Beukering dan Sergio Van Dijk yang kabarnya sedang menunggu proses naturalisasi, atau kuartet asal Belanda yang sempat akan dimainkan di tim U-23, Diego Michiels, Ruben Wuarbanaran, Stefano Lilipaly serta Joey Suk. Seandainya saja beberapa pemain diatas batal dinaturalisasi, masih ada pemain keturunan lainnya seperti Irfan Bachdim, Kim Kurniawan serta pemain naturalisasi asal Uruguay, Christian Gonzales.
Meski kemungkinan didominasi oleh para pemain keturunan serta naturalisasi, pemain-pemain lokal lain seperti Ahmad Bustomi, Okto Maniani serta top skor Liga Super Indonesia sementara Boas Salossa juga tidak boleh dilupakan. Pemain-pemain yang lahir dan besar di Indonesia tersebut tetap harus memiliki kesempatan yang sama untuk masuk ke timnas sepakbola Indonesia bersama pemain-pemain naturalisasi dan keturunan lainnya. Timnas “gado-gado” ini diyakini akan semakin memperkuat timnas Indonesia.
Turkmenistan sendiri juga tidak bisa dianggap remeh. Beberapa pemain timnas senior mereka ada yang merumput di klub-klub besar, baik di Asia maupun Eropa. Sebut saja Vyacheslav Krendelyov yang bermain di Liga Rusia, Artur Gevorkyan bermain di Liga Uzbekistan, dan kiper Maksatmyrat Samyradow yang bermain di Liga Iran. Belum lagi punggawa timnas U-23 Turkmenistan yang berhasil mengalahkan timnas U-23 Indonesia seperti Ruslan Mingazov (Skonto Riga, Latvia), Aleksandr Boliyan serta Arslanmyrat Amanov.
Pertandingan Indonesia melawan Turkmenistan akan dilakoni dengan sistem home and away (kandang-tandang). Pertandingan pertama akan berlangsung di Turkmenistan pada tanggal 23 Juli 2011, lima hari kemudian atau tepatnya pada tanggal 28 Juli 2011 giliran Indonesia yang akan menjamu timnas sepakbola Turkmenistan. Bertanding tandang terlebih dahulu sedikit menguntungkan Indonesia, mengingat pada pertandingan pertama ini kedua tim masih akan melakukan penjajakan kekuatan, barulah pada pertandingan kedua Indonesia bisa memaksimalkan dukungan rakyat Indonesia yang pasti akan mendukung timnas Indonesia di stadion.
Dalam laga kualifikasi zona Asia ini, Indonesia langsung masuk ke putaran kedua kualifikasi bersama 22 negara lainnya ditambah delapan negara yang lolos dari putaran pertama kualifikasi. Apabila Indonesia mampu mengalahkan Turkmenistan, maka timnas Indonesia akan bertarung di babak grup putaran ketiga kualifikasi zona Asia bersama lima tim unggulan (Jepang, Korea Selatan, Australia, Korea Utara dan Bahrain) serta negara-negara pemenang babak kedua kualifikasi lainnya.
Babak ketiga kualifikasi akan dibagi menjadi 5 grup, masing masing diisi oleh empat negara. Juara dan runner up masing-masing grup di putaran ketiga kualifikasi akan masuk ke putaran akhir kualifikasi zona Asia yang akan dibagi menjadi dua grup, masing-masing diisi oleh lima negara. Empat negara akan lolos ke Piala Dunia 2014, dua tim peringkat ketiga akan menjalani babak play off. Berikut jadwal lengkap kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia ;
(Putaran Pertama, 29 Juni dan 3 Juli 2011)
Malaysia v China Taipei
Bangladesh v Pakistan
Kamboja v Laos
Sri Lanka v Filipina
Afghanistan v Palestina
Vietnam v Makau
Nepal v Timor Leste
Mongolia v Myanmar
(Putaran Kedua, 23 Juli dan 28 Juli 2011)
Thailand v Afghanistan/Palestina
Lebanon v Bangladesh/Pakistan
China v Kamboja/Laos
Turkmenistan v Indonesia
Kuwait v Sri Lanka/Filipina
Oman v Mongolia/Myanmar
Saudi Arabia v Hong Kong
Iran v Maladewa
Syria v Tajikistan
Qatar v Vietnam or Makau
Iraq v Yaman
Singapura v Malaysia/China Taipei
Uzbekistan v Kyrgyzstan
UAE v India
Yordania v Nepal/Timor Leste
Putaran Ketiga
2, 6 September, 11 Oktober, 11 November, 15 November 2011 dan 29 Februari 2012
Putaran Keempat
3, 8, 12 Juni, 11 September, 16 Oktober, 14 November 2012, 26 Maret, 4, 11, 18 Juni 2013
Putaran Kelima (AFC playoff)
6 September dan 10 September 2013
Round 6 (Inter-continental playoff)
15 Oktober dan 19 November 2013 (jadwal dikonfirmasikan dengan FIFA)
Posted In: Featured, Sepakbola Nasional | Tags: , , ,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar